Kamis, 09 November 2017

Melatih Pengetahuan, Mengasah Otakku

1.   Apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi?  
    Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan suatu kejadian, baik yang berhubungan dengan fenomena alam, sosial, budaya politik dan lainnya yang ada di dunia nyata.

2.   Sebutkan dan jelaskan ciri-ciri teks eksplanasi?
    Ciri-ciri teks eksplanasi adalah 
    a. Fakta yang jujur dapat diartikan bahwa teks eksplanasi harus dibuat secara jujur untuk menjelaskan suatu topik mengenai fenomena apapun tanpa diberikan tambahan opini atau berita palsu. 
     b. Keilmuan dapat diartikan bahwa dalam teks eksplanasi harus memuat teks yang menjelaskan fenomena ilmiah dan berisi ilmu pengetahuan.
    c. Informatif, yaitu bahwa teks eksplanasi yang dibuat berisi teks yang memberikan informasi penting untuk banyak orang. 
    d. Netral dan tidak mempengaruhi dapat diartikan bahwa teks eksplanasi ini berisi penjelasan yang pasti, valid, penting dan ilmiah tanpa ada unsur mempengaruhi orang lain untuk percaya sehingga teks ini dibuat bukan untuk membuat banyak orang mempercayai apa yang dibahas dalam teks tersebut. 
    e. Sistematika, yaitu penataan teks eksplanasi yang diawali dari penjelasan umum, dan dilanjutkan dengan penjelasan sebab akibat, serta ditutup dengan interpretasi.
    f. Data yang akurat dapat diartikan bahwa teks eksplanasi bersifat teks penting yang menjelaskan tentang suatu keilmuan yang bermanfaat sehingga data yang diberikan atau penjelasan yang ada harus bersumber dari data akurat yang dapat diambil dari hasil penelitian, jurnal yang kredibilitasnya baik, atau bisa juga dengan wawancara.  

3.   Apakah tulisan yang bersifat ilmiah termasuk teks eksplanasi?
    Ya, karena tulisan yang bersifat ilmiah juga memaparkan data yang akurat untuk menjelaskan proses terjadinya suatu kejadian yang penting, baik fenomena alam, sosial, budaya, politik dan lain-lain yang sifatnya nyata dan penting sehingga manfaatnya untuk memberikan informasi penting. 

4.   Sebutkan urutan sistematika penulisan teks eksplanasi?
    a. Pernyataan umumbagian awal teks eksplanasi yang berisi pernyataan tentang apa dan mengapa fenomena tersebut. 
    b. Deretan penjelasan, bagian ini menjelaskan secara lebih rinci penyebab dan akibat kejadian yang disertai data akurat dan dapat dipertanggungjawabkan serta dipaparkan secara runtut atau sesuai dengan urutan waktu.
    c. Interpretasi, bagian terakhir yang merupakan bagian penutup yang memuat tentang kesimpulan dari kejadian yang dibahas tersebut.

     Jawaban di atas dijawab dengan sumber refrensi Penjelasan Super Lengkap Tentang Teks Eksplanasi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rindu Ditemani Kenangan Hangat

www.google.com Sayang? Kepada sahabat atau kepada seorang kekasih? Jika itu kepada sahabat, mengapa aku harus takut kehilangan? Bahka...