Rabu, 26 Juli 2017

Siapakah Si Penulis Blog Ini?



Halo kawan-kawan karib…
Selamat bertemu kembali di blog saya. Dikesempatan kali ini, izinkan saya untuk memperkenalkan diri saya terlebih dahulu. Jessica Octaviany yang biasa di panggil dengan Jessica. Saya sekolah di SMA Kristen Kanaan dan duduk di bangku kelas 11.
Jurusan yang saya pilih adalah IPA. Kenapa saya memilih IPA? Salah satu alasannya karena saya tidak suka dengan pelajaran IPS. Jika disuruh belajar tentang Sejarah, Geografi, dan pelajaran IPS lainnya, saya lebih memilih untuk tidur. Tapi, di kelas 11 khususnya sekolahku, kami masih saja belajar Sejarah Indonesia. Mungkin nilai terburukku adalah Sejarah. Hehehe...

Oh iya, alasan saya membuat blog ini antara paksaan dan non-paksaan. Paksaannya karena... pertama, saya tidak suka menulis dengan mengetik di blog seperti ini. Saya lebih suka menulis hasil goresan tangan saya sendiri. Kenapa? Karena memang lebih enak menulis dengan tangan dibanding mengetik walaupun lebih terasa lelah nulis tangan. Kedua, saya membuat blog ini atas keinginan guru Bahasa Indonesia saya agar kami sebagai siswa/i-nya dapat menggunakan internet dengan bijak. Salah satu contohnya dengan menulis diblog ini. Selain itu, karena paksaan era-modern dengan teknologi yang sangat canggih, maka beliau ingin membagikan ilmunya dengan sia-sia guna suatu saat nanti kami bisa menulis dengan baik di zaman yang semuanya serba canggih. Harusnya kami beruntung karena memiliki guru Bahasa Indonesia yang masih mau memberikan ilmu tentang teknologi yang seharusnya guru TIK yang memberikan ilmu itu. Nah, non-paksaannya karena saya ingin mendapatkan kritik dan saran. Maksudnya? Saya adalah orang yang bisa dibilang tertutup. Saya bukan orang yang mudah bergaul dengan orang-orang disekitarku. Di sisi lain, saya yang masih belia untuk menulis ini mempunyai banyak kekurangan dan saya sangat ingin mendengarkan komentar-komentar orang lain lebih kepada kesalahan-kesalahan saya dalam menulis. Jadi, komentar-komentar kalian ini yang membangun semangatku untuk menulis lebih banyak dan memperbaiki setiap kesalahan agar bisa menjadi yang terbaik.

Saya akan menceritakan secara singkat tentang diri saya. Saya lahir dengan kegemaran menjadi penulis. Inspirasi saya untuk menulis adalah semua tragedi yang pernah terjadi di hidupku. Menurut saya, sebuah cerita akan lebih baik jika kita juga merasakan cerita itu, sehingga disaat kita menulis cerita itu, bukan hanya kita yang dapat merasakan betapa dalamnya arti sebuah cerita itu tetapi orang lain yang membaca juga merasakannya. Tetapi, semua itu tergantung dalam kosa kata kita, apakah kosa kata itu menyelami semua perasaan orang lain yang membacanya atau tidak. Maka dari itu, saya sangat suka membaca novel. Apapun ceritanya, saya mencoba membaca novel dari yang paling murah dan tipis sampai yang mahal dan tebal. Saya juga mencoba mengerti apa isi didalam novel itu. Bahkan mencoba mencari apa kekurangan dan kelebihan novel itu yang bisa saya pelajari. Bisa dari hal paling sederhana yaitu format tulisan atau mungkin cover buku tersebut dan judul yang menarik. Terlihat sederhana, hal yang tak penting, tetapi ternyata jika kita tidak memikirkan itu bisa saja tulisan kita jadi tidak menarik. Peribahasa anak gaul jaman sekarang, "liat sesuatu dari tampangnya dulu" ternyata benar. Kita bisa memposisikan diri kita sebagai pembeli novel. Mata kita pasti berbeda saat melihat cover buku dan judul yang membuat penasaran. Jika kita tertarik, kita akan rela membayar berapa saja agar mendapatkan buku itu. Mungkin awalnya terlihat membosankan, seperti orang yang kurang kerjaan membaca novel di tiap detik jam berputar. Tetapi jika dijadikan kebiasaan, ternyata seru, loh. Serunya apa sih? Kita jadi banyak pengetahuan dan kosa kata yang baik, serta kita bisa mencoba ikut menyelami cerita itu.

Tetapi, saya masih bingung tentang cita-cita saya. Saya ingin menjadi penulis, tetapi bukan penulislah pekerjaan tetapku nanti. Saya juga masih ingin menjadi dokter, apoteker, IT, dllnya. Tapi, hal pertama yang ingin kulakukan dan yang bisa kulakukan sekarang adalah menulis. Semoga dengan banyaknya pengalaman saya tentang menulis, esok hari saya bisa menjadi penulis terkenal, seperti Tere Liye, penulis yang memotivasiku. Tak ada motto lain yang kumiliki selain

Menulis dengan hasil baik bisa dimulai dengan menceritakan kisah hidup sendiri.
Jadi, karena mottoku itu, maka nama blog ini adalah Inilah Diriku dan Ceritaku. Aku ingin bercerita dan membagikan hal-hal yang sekiranya dapat menghibur para pembaca setiaku. Siapa tahu dengan tulisan ini bisa memotivasi beberapa orang untuk mengerti arti penting menulis dan seberapa serunya menulis. 

Hai para pembaca, sampai sini dulu yah perkenalan kita. Silahkan tinggalkan komentar untuk mengkritik tulisan saya, dan saya berusaha dengan sebaik mungkin menjadi penulis blog yang baik. Jika ingin melihat hasil karya goresan tangan remaja silahkan kunjungi jessicaoctaviany.blogspot.com
Terima kasih para pembaca setia.





5 komentar:

Rindu Ditemani Kenangan Hangat

www.google.com Sayang? Kepada sahabat atau kepada seorang kekasih? Jika itu kepada sahabat, mengapa aku harus takut kehilangan? Bahka...