Kamis, 24 Agustus 2017

Sekilas Catatan

Pertemuan I
Sastra adalah teks yang mengandung instruksi dan pedoman. Lain lagi dengan bahasa. Bahasa adalah kemampuan seseorang untuk berinteraksi (komunikasi) dengan orang lain menggunakan tanda, baik gerakan maupun kata.
Contoh sastra adalah drama, cerpen, dll
Unsur dalam sastra ada dua yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Contoh unsur intrinsik seperti tema, latar, tokoh, dll. Sedangkan contoh unsur ekstrinsik seperti latar belakang pengarang, dll.



Ketrampilan berbahasa
1. Berbicara
2. Membaca
3. Menulis
4. Menyimak
Dalam menyimak ceramah, ada faktor yang menyebabkan kesulitan untuk menemukan pokok yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Pertama, faktor eksternal adalah faktor luar yaitu gangguan setan. Contohnya ketika kita mendengarkan, ada teman yang mengajak berbicara yang tidak ada kaitannya dengan materi ceramah. Kedua, faktor internal adalah faktor dalam yaitu fisik dan psikologis. Contohnya ketika keadaan kita tidak mendukung untuk mendengarkan ceramah seperti sedang sakit, dll.

Pertemuan II
Pembicara yang baik harus mempunyai pesan yang baik. Pesan yang baik adalah pesan yang dapa di mengerti. Pembicara berperan untuk mempresentasikan materi. Cara menyampaikannya tidak perlu bertele tele (singkat,padat, jelas) terlebih jika audiensnya para remaja. Pesan yang disampaikan merupakan isi ceramah. Agar pesan bisa didengar banyak orang dengan baik maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:
1. Persiapan
Pembicara harus mengerti apa yang harus disampaikan dan dibicarakan.
2. Rasa
Tahu siapa audiensnya, mainkan rasa jika audiens mulai bosan atau ngantuk.
3. Diri
Sebagai pembicara baik, maka kita harus memperhatikan intonasi, gestur, artikulasi, dst.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rindu Ditemani Kenangan Hangat

www.google.com Sayang? Kepada sahabat atau kepada seorang kekasih? Jika itu kepada sahabat, mengapa aku harus takut kehilangan? Bahka...