Proposal adalah suatu rancangan atau usulan dari seseorang atau lembaga ke lembanga lain untuk persetujuan. Jadi, proposal disebut juga rancangan atau usulan kegiatan. Ciri khas proposal adalah pembuatannya hanya sampai bab 3.
Jika sudah sampai bab 4 dan bab 5 disebut skripsi, tesis, disertasi. Terdapat dua jenis proposal, yaitu proposal kegiatan dan proposal penelitian. Contoh proposal kegiatan adalah proposal kegiatan live in, proposal kegiatan retret, proposal kegiatan dagang. Contoh proposal penelitian seperti karya ilmiah.
Dalam proposal penelitian terdapat dua metode penelitian.
1. Penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang datanya tidak dapat dihitung. Biasanya pemaparan dalam bentuk deskripsi. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan pengamatan (observasi), dll.
2. Penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang datanya dapat dihitung. Pemaparannya dalam bentuk bagan, grafik, tabel. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan survey, kuesioner, angket, dll.
1. Penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang datanya tidak dapat dihitung. Biasanya pemaparan dalam bentuk deskripsi. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan pengamatan (observasi), dll.
2. Penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang datanya dapat dihitung. Pemaparannya dalam bentuk bagan, grafik, tabel. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan survey, kuesioner, angket, dll.
Apa saja yang harus ada di bab 1, 2 dan 3?
Bab 1: pendahuluan, latar belakang masalah, masalah penelitian, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian. Latar belakang masalah adalah apa yang melatarbelakangi penulis untuk memilih masalah tersebut. Dalam latar belakang juga dijelaskan pengantar (gambaran) dari judul, bisa dalam bentuk deskripsi atau definisi. Masalah judul juga harus dikaji, serta jelaskan pengambilan data dengan metode apa dan alasannya.
Bab 2: studi pustaka, kajian pustaka, landasan teori, kajian teori. Perbedaan dari keempat isi bab 2 yaitu:
A. Studi pustaka, beberapa kata kunci dari judul lalu di definisikan. (Kapasitas makalah)
B. Kajian pustaka, mengambil kutipan penelitian dari beberapa ahli yang berbeda lalu disimpulkan berdasarkan kutipan penelitian tersebut. (Tidak boleh mengambil kesimpulan sendiri)
C. Landasan teori, memberikan teori-teori yang sudah ada yang berhubungan dengan judul.
D. Kajian teori, kumpulan teori-teori yang dianalisis (disimpulkan) menjadi satu.
Bab 3 : penutup
Bab 1: pendahuluan, latar belakang masalah, masalah penelitian, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian. Latar belakang masalah adalah apa yang melatarbelakangi penulis untuk memilih masalah tersebut. Dalam latar belakang juga dijelaskan pengantar (gambaran) dari judul, bisa dalam bentuk deskripsi atau definisi. Masalah judul juga harus dikaji, serta jelaskan pengambilan data dengan metode apa dan alasannya.
Bab 2: studi pustaka, kajian pustaka, landasan teori, kajian teori. Perbedaan dari keempat isi bab 2 yaitu:
A. Studi pustaka, beberapa kata kunci dari judul lalu di definisikan. (Kapasitas makalah)
B. Kajian pustaka, mengambil kutipan penelitian dari beberapa ahli yang berbeda lalu disimpulkan berdasarkan kutipan penelitian tersebut. (Tidak boleh mengambil kesimpulan sendiri)
C. Landasan teori, memberikan teori-teori yang sudah ada yang berhubungan dengan judul.
D. Kajian teori, kumpulan teori-teori yang dianalisis (disimpulkan) menjadi satu.
Bab 3 : penutup
Contoh beberapa judul proposal :
1. Perbandingan hasil belajar generasi X, generasi Y dan generasi Z
2. Keefektifan belajar akibat kelengkapan fasilitas sekolah
3. Keterkaitan antara tanaman hidup dengan alat pendingin ruangan
4. Dampak dari tanaman hidup bagi kehidupan sekolah
5. Dampak pemakaian fasilitas berlebihan di sekolah
6. Dampak kesehatan anak remaja terhadap makanan di rumah dan di luar rumah
7. Model pembelajaran yang efektif untuk anak remaja
8. Pengaruh minum air putih terhadap konsentrasi anak remaja dalam proses kegiatan belajar mengajar.
1. Perbandingan hasil belajar generasi X, generasi Y dan generasi Z
2. Keefektifan belajar akibat kelengkapan fasilitas sekolah
3. Keterkaitan antara tanaman hidup dengan alat pendingin ruangan
4. Dampak dari tanaman hidup bagi kehidupan sekolah
5. Dampak pemakaian fasilitas berlebihan di sekolah
6. Dampak kesehatan anak remaja terhadap makanan di rumah dan di luar rumah
7. Model pembelajaran yang efektif untuk anak remaja
8. Pengaruh minum air putih terhadap konsentrasi anak remaja dalam proses kegiatan belajar mengajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar