Rabu, 06 September 2017

Catatanku Tentang Teks Eksplanasi

A.      Pengertian Teks Eksplanasi
Secara sederhana, eksplanasi diserap bahasa Inggris yang berarti ‘explanation’ yang berarti penjelasan atau paparan. Sebagai suatu genre atau ragam bahasa, eksplamasi merupakan teks yang menjelaskan suatu proses tentang asal usul, proses, atau perkembangan suatu fenomena, mungkin berupa peristiwa alam, social, ataupun budaya.
Dari teks tersebut, pembaca dpata memperoleh pemahaman mengenai latar belakang terjadi sesuatu secara jelas dan logis. Teks eksplanasi menggunakan banyak fakta dan pernyataan-pernyataan yang memiliki hubungan sebab akibat (kausalitas). Sebab-sebab ataupun akibat-akibat tersebut berupa sekumpulan fakta yang menurut penulis memiliki hubungan kausalitas dan bukan pendapat penulis itu sendiri.

B.      Mengonstruksi Informasi dalam teks Eksplanasi
Mengonstruksi informasi dalam teks eksplanasi dapat dilakukan dengan menceritakan kembali atau member tanggapan terhadap teks tersebut. Salah satu bentuk tanggapan yang dapat kita lakukan adalah komentar. Dengan member komentar, secara tidak langsung kita telah mengonstruksi (membangun kembali) informasi dalam teks tersebut karena komentar tentu berlandaskan informasi. Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum member komentar, yaitu bentuk, isi, dan cara menyampaikan.
1.       Bentuk- Bentuk Komentar
Komentar dapat bersifat positif atau menyatakan keunggulan dan berisfat negatif atau menyatakan kekurangan. Secara khusus, macam-macam komentar dibagi menjadi lima bentuk, yaitu dukungan, pertanyaan, sanggahan, kritik, saran. Agar dapat mengomentari teks eksplanasi dengan benar, terlebih dahulu kita perlu melakukan analisis terhadap teks tersebut pada aspek-aspek yang jelas. Sejumlah pertanyaan (5W+1H) dapat kita ajukan untuk melakukan hal tersebut. Hasil analisis dari pertanyaan-pertanyaan dapat menjadi bahan pertimbangan.
2.       Isi Komentar
komentar bisa tergolong suatu pertanyaan. Perkataan tersebut muncul karena ada keraguan ataupun ketidakjelasan pernyataan dari isi suatu teks. Komentar juga bisa berisi kritik dan saran. Kritik adalah celaan atau kecaman atas suatu keadaan dan perilaku. Sementara itu, saran adalah pendapat, usul, atau ajuran yang dikemukakan untuk bahan pertimbangan.
3.       Cara Menyampaikan Komentar
a. Fokus
Tanggapan yang berbelit-belit akan membingungkan pendengarnya. Oleh karena itu, sampaikanlah tanggapan itu dengan sederhana dan langsung pada inti permasalahan.
b. Jelas
tanggapan yang disampaikan secara samar-samar akan menimbulkan tafsiran yang macam-macam. Untuk itu, kita perlu memilih kata yang tepat dengan struktur kalimat yang efektif
c. Lengkap
kelengkapan suatu tanggapan, antara lain ditandai oleh sejumlah alasan yang kuat dan didukung oleh sejumlah fakta yang memadai
d. Santun
kesantunan juga merupakan hal utama didalam berdiskusi, termasuk di dalam menyampaikan tanggapan- tanggapan. Kesantunan akan tampak pada pilihan kata dan sikap seseorang ketika berbicara

C.      Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi
a. Isi Teks Eksplanasi
Teks eksplanasi umumnya berisi paparan tentang rangkaian suatu fenomena ataupun kejadian, baik itu yang berkaitan dengan alam, sosial, maupun budaya. Dalam proses pemaparannya, teks tersebut dapat berupa jawaban dari pertanyaan mengapa mungkin pula berperan dalam rangka menjawab pertanyaan bagaimana.
a) teks eksplanasi sebagai jawaban atas pertanyaan mengapa, uraiannya akan bersifat kausalitas.
b) teks eksplanasi sebagai jawaban atas pertanyaan bagaimana, uraiannya akan bersifat kronologis.

b. Struktur Teks Eksplanasi
Teks eksplanasi dibentuk oleh bagian-bagian:
a) identifikasi fenomena berupa pengenalan objek yang akan dijelaskan
b) proses kejadian berupa perincian atau penjelasan tentang semua urutan peristiwa atau sebab akibat sebuah peristiwa. Dengan demikian, pola umum dari struktur penyajian teks eksplanasi adalah kronologis dan kausalitas
c) ulasan berupa pendapat penulis terkait dengan fenomena yang dijelaskan sebelumnya.

D.      Ciri Kebahasaan Teks Eksplanasi

Kalimat-kalimat di dalam teks eksplanasi pada umumnya berupa pernyataan (afirmatif). Sebagai teks yang berisi paparan proses, baik itu secara kausalitas maupun kronologis, teks tersebut banyak menggunakan konjungsi kausalitas ( sebab, karena, sehingga) dan konjungsi kronologis (kemudian, lalu, pada akhirnya). Maka, dapat disimpulkan ciri kebahasaan dibagi tiga menjadi pilihan kata tertentu ( Bermakna lugas dan kaku; kata ganti nonpersona; penggunaan peristilahan ), konjungsi bermakna ‘proses’ (kausalitas dan kronologis) dan kata kerja pasif ( dimulai, terlihat, terwujud).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rindu Ditemani Kenangan Hangat

www.google.com Sayang? Kepada sahabat atau kepada seorang kekasih? Jika itu kepada sahabat, mengapa aku harus takut kehilangan? Bahka...